Dogmit, Menjawab Tantangan Dunia Pendidikan

Yth.Bapak/Ibu guru..,

Berikut ini saya sampaikan sebuah artikel yang ditulis oleh ibu Nida Usholha, S.Pd, guru MTs Negeri Salatiga, Jawa Tengah. Sumber : http://edukasi.kompasiana.com/2015/02/05/dogmit-menjawab-tantangan-dunia-pendidikan-705397.html

Dogmit, Menjawab Tantangan Dunia Pendidikan

Guru memegang peranan yang sangat penting dalam pendidikan. Maju-mundurnya pendidikan di Indonesia, terletak di tangan guru. Tentu saja, seorang guru yang memiliki kompetensi yang tinggi, baik itu paedagogik, kepribadian, sosial dan profesionalitas yang tinggi, diharapkan dapat membawa generasi muda bangsa menjadi seorang yang memiliki wawasan keilmuan dan akhlak yang tinggi.

Dalam pembelajaran sehari-hari, guru dituntut untuk menerapkan pembelajaran yang bervariasi, dengan berbagai model pembelajaran dan media pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi menarik dan minat belajar siswa tinggi. Hal itu bisa terlaksana jika didukung kemampuan guru tersebut dalam penguasaan IT.

Diklat Online Melek IT (DOGMIT) merupakan jawaban dari tantangan untuk menjadi seorang guru profesional, di era teknologi yang semakin maju ini.

Ini adalah kedua kalinya saya mengikuti DOGMIT. Dari DOGMIT angkatan 10, banyak hal yang saya pelajari. DOGMIT 10, saya ikuti dengan enjoy. Tugas-tugas saya kerjakan dengan sebaik-baiknya, jauh sekali dengan Diklat Tatap Muka yang pernah saya ikuti. Demikian juga dengan DOGMIT ke 14 ini. Dengan materi yang sangat baru. Yaitu tentang animasi, materi yang sangat jauh dari bayangan saya. Ternyata, kalau sudah dipelajari luar biasa mengasyikkan.

Dengan DOGMIT, saya “DIPAKSA” (dalam arti positif) untuk membuat publikasi yang tidak pernah terbayangkan oleh saya. Saya tidak pernah merasa percaya diri untuk menulis. Tetapi melalui DOGMIT, saya baru merasa, bahwa ternyata SAYA BISA.

Dari DOGMIT juga, saya jadi terbiasa menggunakan media pembelajaran berupa presentasi Power point, yang saya buat ke dalam bentuk 3D melalui 3DPageFlip for Power Pint. Saya jadi terpacu untuk mengembangkan media pembelajaran yang sudah ada, sehingga pembelajaran tidak membosankan.

Dengan DOGMIT juga memberikan inspirasi kepada saya untuk mengembangkan kemampuan. Ketika saya mendapatkan materi tentang pembuatan Peta Konsep, ini saya terapkan dalam pembelajaran, ternyata dengan Peta Konsep, siswa dapat lebih mudah untuk mengingat materi sebelumnya.

Dari hal-hal di atas, dapat saya simpulkan, bahwa DOGMIT sangat berperan penting dalam dunia pendidikan, diantaranya

  1. membuat guru benar-benar Melek IT
  2. menjadikan seorang guru yang tidak hanya sekedar guru biasa
  3. menjadikan seorang guru yang semula tidak bisa menjadi bisa, sehingga mempunyai kemampuan yang lebih
  4. Memberikan inspirasi bagi guru untuk selalu meningkatkan kompetensinya.

Dengan banyaknya manfaat DOGMIT ini, sangat disayangkan jika baru segelintir guru yang mau dan bersemangat untuk mengikuti Diklat ini. Ke depan, semoga lebih banyak lagi guru yang dapat mengambil manfaat dari DOGMIT ini. Marilah para guru, kita persiapkan generasi penerus bangsa ini dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab. “MAJULAH PENDIDIKAN INDONESIA, MAJULAH BANGSAKU“.

Terimakasih.

Salam sehat dan sukses selalu.

Iklan

Tentang pak sukani @GuruMelekIT

Pak Sukani merupakan guru matematika di SMK Bakti Idhata, Jakarta Selatan. Beliau merupakan seorang trainer, motivator dan pembicara dalam diklat maupun seminar-seminar di Indonesia. Passionnya adalah menulis dan mengembangkan IT untuk pembelajaran. Pak Sukani aktif mendorong guru-guru Indonesia agar melek IT dan memanfaatkannya untuk pendidikan. Beliau Aktif dalam Gerakan Sosial bersama KSGN untuk memberikan Pelatihan Ngeblog Gratis bagi Guru di Seluruh Indonesia. Berminat mengubungi saya jadi Pembicara silakan Hubungi HP/WA : 085695685815
Pos ini dipublikasikan di Diklat Guru, Diklat Online, Diklat Online Guru, Diklat Online Guru Melek IT, DOGMIT, e-training guru, Guru melek IT, Info Pendidikan, Info Umum, Motivasi, Pak Sukani, Testimoni dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.