DOGMIT : Sarana Menjadi Guru Pembelajar

DOGMIT : Sarana Menjadi Guru Pembelajar

Sebuah artikel yang dibuat oleh Pak Tholib (M.Tholib, S.Pd, M.Si), Guru Matematika          di MA Negeri Tambakberas Jombang-Jawa Timur

Sumber : http://www.kompasiana.com/m.tholib/dogmit-sarana-menjadi-guru-pembelajar_56cecc34e122bd1318eb4723


AKU DAN GURU

Profesi Guru adalah faktor penentu dalam keberhasilan proses pendidikan. Why ? Karena berkualitas tidaknya pendidikan sangat tergantung pada kreativitas dan inovasi yang dimiliki guru, meski banyak juga faktor penentu lainnya. Guru juga merupakan seorang pembelajar, maka saat guru melupakan kebiasaannya ini maka reduplah sebuah proses pendidikan. Guru harus terus belajar dan belajar untuk meningkatkan kualitas dirinya.

Yang jarang di sadari oleh para guru adalah saat berhadapan dengan para siswanya di kelas adalah saat “Pertaruhan harga diri”. Saat itu harga dirinya sedang dipertaruhkan apakah kebanggaan yang akan muncul karena sajian pembelajaran yang memuaskan, atau sebaliknya tumbuhnya kekecewaan para siswa karena minimnya inovasi guru saat proses pembelajaran. Agar guru dapat menyajikan proses pembelajaran yang menarik, memberi motivasi dan menginspirasi, para guru harus banyak mengupdate diri dengan berbagai masukan positif yang didapat dari berbagai sumber ilmu seperti buku-buku, televisi, dunia maya/internet, kegiatan seminar, pengembangan dan training tentang metode dan berbagai hal yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan belajar siswa.

Dari sini, saya sebagai seorang guru merasa sangat jauh dari profil guru yang ideal. Tapi untunglah saya masih punya “semangat” untuk memperbaiki diri, dan dengan berbagai upaya untuk terus mengupgrade diri dengan segala keterbatasan pada diri saya, baik keterbatasan waktu maupun kemampuan. Dan Diklat Online Guru Melek IT (DOGMIT) ini adalah alternatif solusinya.

NILAI PLUS

Berbagai “nilai plus” yang saya dapat selama saya beberapa kali mengikuti Diklat Online Guru Melek IT antara lain:

1. Percepatan kemampuan dan kreativitas dalam membuat media pembelajaran, terutama media yang berbasis IT, yang membuat saya menjadi sangat disegani oleh para siswa di kelas. Karena mayoritas mereka meyakini bahwa guru yang terampil IT adalah guru gaul yang mampu memahami dunia mereka (dunia IT).

2. Bisa bergabung dengan komunitas guru kreatif-inovatif dari berbagai daerah di Indonesia, yang punya komitmen tinggi untuk pengembangan diri dibidang IT, dan saling support untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Sebagai bukti yang nyata adalah keberadaan para alumni DOGMIT yang sudah banyak sukses menjadi “GUPRES” (Guru Berprestasi) di daerahnya masing-masing.

3. Materi yang aplikabel sehingga langsung bisa saya terapkan di kelas merupakan hal yang paling menarik bagi saya. Oleh karena itu saya sangat merekomendasikan para guru Indonesia untuk mengikuti DOGMIT bersama Pak Sukani.

4. Irit pake’ banget : kita bisa mengakses dan mengunduh materi-materi diklat baik itu modul, video tutorial dan lain-lain dengan biaya yang relatif lebih murah dibanding dengan diklat secara langsung, cukup login melalui website https://e-traininggurumelekit.edu20.org/ dan https://trainergurumelekit.wordpress.com/

5. Waktu dan tempat yang tidak terikat: disela-sela kesibukan mengajar, kita dapat akses materi, mengerjakan tugas maupun berdiskusi sesama peserta kapan saja. Proses diklatnyapun dapat dilakukan di mana saja, bisa di rumah, di ruang guru atau dimana saja asal terkoneksi jaringan internet.

6. Fleksibel kecepatan belajar: memang peserta diklat memiliki kemampuan dan gaya belajar yang berbeda-beda, tapi mereka dapat menyesuaikan metode belajarnya sesuai kemampuan masing-masing. Bila ada materi yang belum dipahami betul, kita dapat mengulang-ulang lagi sesuai kebutuhan dibimbing tutor dan dibantu peserta lain dalam forum diskusi.

7. Jaminan dan garansi instruktur yang profesional: diklat ini memiliki kualitas yang tak perlu diragukan lagi, karena dibimbing oleh Mr. Sukani sebagai founder sekaligus instruktur/trainer yang sangat perhatian dan interaktif, dibantu oleh asisten Pak Tri Goesema P yang juga tak kalah energiknya dalam membimbing kami para peserta. Beliau berdua sangat konsisten mendorong guru-guru Indonesia agar melek IT dan memanfaatkan IT dalam pembelajaran dengan cara : menjadi narasumber guru melek IT dan mengadakan program e-training guru dengan mengutamakan pelayanan yang prima kepada peserta. Diantara sekian banyak dari prestasi terbaik Pak Sukani adalah Juara 1 Acer Guru Era Baru (Guraru) Award 2013 tingkat Nasional , hmmm.

Alhamdulillah, sebagian besar materi DOGMIT yang saya ikuti sudah terserap baik dan langsung bisa saya aplikasikan di kelas, sehingga bisa mendapatkan antusias yang lebih tinggi dan respon positif dari anak-anak didik selama mengikuti proses KBM.

Akhirnya, kami mengucapkan banyak terimakasih untuk Pak Sukani, Pak Tri Goesema Putra selaku instruktur dan teman-teman peserta diklat lain yang telah banyak membantu dan membimbing saya selama diklat online ini. Semoga bisa bermanfaat dan maju terus guru-guru Indonesia !

By. Pak Tholib (peserta DOGMIT angkatan 2 tahun 2016 dari MAN Tambakberas Jombang) blog : https://paktholib.wordpress.com/

Terimakasih

Iklan

Tentang pak sukani @GuruMelekIT

Pak Sukani merupakan guru matematika di SMK Bakti Idhata, Jakarta Selatan. Beliau merupakan seorang trainer, motivator dan pembicara dalam diklat maupun seminar-seminar di Indonesia. Passionnya adalah menulis dan mengembangkan IT untuk pembelajaran. Pak Sukani aktif mendorong guru-guru Indonesia agar melek IT dan memanfaatkannya untuk pendidikan. Beliau Aktif dalam Gerakan Sosial bersama KSGN untuk memberikan Pelatihan Ngeblog Gratis bagi Guru di Seluruh Indonesia. Berminat mengubungi saya jadi Pembicara silakan Hubungi HP/WA : 085695685815
Pos ini dipublikasikan di Diklat Guru, Diklat Online, Diklat Online Guru, Diklat Online Guru Melek IT, Diklat Online Guru SMA, Diklat Online Guru SMP, DOGMIT, e-training guru, Guru melek IT, Pelatihan Guru Melek IT dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke DOGMIT : Sarana Menjadi Guru Pembelajar

  1. titik harimurti berkata:

    Artikelnya bagus pak, bisa memotifasi kami untuk menjadi guru yg semangat mengembangkan profesinya. Pada tanggal 24 Mar 2016 13:13, “E-Training Guru Melek IT (DOGMIT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s